Selasa, 04 Januari 2011

rangka manusia

A. MENGENAL RANGKA MANUSIA
Tulang-tulang yang tersusun secara teratur membentuk rangka. Agar tulang yang satu bersambungan dengan tulang lain dan dapat digerakkan, diperlukan suatu penghubungan. Penghubung antartulang disebut sendi. Bagian tubuh yang dapat menggerakkan rangka adalah otot.
1. Bagian-bagian Rangka
Bayi yang baru lahir mempunyai lebih dari 300 bagian tulang, tetapi kebanyakan adalah tulang rawan. Seiring pertumbuhannya menjadi dewasa, jumlah tulang menjadi berkurang dan tulang makin keras. Hal ini antara lain disebabkan terjadinya penyatuan tulang, misalnya pengatuan tulang ubun-ubun bayi. Jumlah tulang pada manusia dewasa menjadi tinggal 206 tulang keras.
Tulang manusia dewasa terbentuk dari sel hidup yang dikelilingi oleh mineral (kebanyakan kalsium dan fosfat) dan zat lentur yang disebut kolagen. Sel adalah bagian terkecil yang menyusun makhluk hidup.
Rangka manusia dikelompokkan dalam tiga kelompok, yaitu rangka kepala (tengkorak), rangka badan, dan rangka anggota gerak.

a. Rangka kepala (tengkorak)
Nama-nama tulang yang membentuk rangka kepala antara lain tulang dahi, tulang hidung, rahang atas, rahang bawah, dan tulang pipi.
Rangka kepala bagian depan membentuk dasar wajah manusia. Tulang-tulang yamg membentuk wajah adalah tulang dahi, tulang hidung, tulang pipi, tulang rahang atas, dan tulang rahang bawah. Selain itu, bentuk wajah manusia dipengaruhi oleh otot wajah. Otot biasa kita sebut juga daging. Oleh karena itu, wajah manusia ada yang terlihat lonjong, bulat, atau persegi.
Rangka kepala bagian belakang membentuk batok kepala. Batok atau tempurung kepala berbentuk mirip dengan batok.

b. Rangka badan
Rangka badan tersusun mulai dari tulang leher sampai tulang ekor. Tulang leher dibentuk oleh tujuh ruas tulang. Tulang leher bersambungan dengan tulang punggung hingga tulang ekor.Tulang punggung himgga tulang ekor dibentuk oleh 26 ruas tulang. Jadi, jumlah ruas tulang leher sampai tulang ekor adalah 33 ruas tulang. Tiga puluh tiga tulang ini disebut juga tulang belakang.
Pada bagian depan, tulang-tulang rusuk melekat ke tulang dada. Tulang rusuk dan tulang dada membentuk rongga dada.
Di atas rongga dada terdapat rangka bahu (pundak). Bahu dibentuk loeh tulang selangka dan tulang belikat.
Di badan bagian bawah terdapat rangka panggul (gelang panggul). Gelang panggul (pinggul) dibentuk oleh tulang pinggul dan tulang kemaluan.

c. Rangka anggota gerak
Rangka anggota gerak terdiri dari anggota gerak atas dan anggota gerak bawah. Anggota gerak atas disebut juga dengan lengan (tangan). Anggota gerak bawah disebut dengan kaki.

d. Sendi
Rangka tubuh dapat kita gerakkan karena adanya kerja sama antar tulang, sendi, dan otot. Sendi adalah tempat pertemuan antara dua tulang sehingga tulang dapat digerakkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar